Jumat, 24 April 2015

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU



The Modern Boarding School
Madrasah Ibtidaiyah “Amanah”

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Amanah didirikan pada tanggal 16 Mei 2006 oleh Lembaga Pemberdayaan Umat (LPU) Amanah dalam rangka mempersiapkan masa depan anak-anak bangsa da-lam tantangan kehidupan yang semakin ketat dan berat. Semula MI Amanah diselenggarakan di Jl Ki Hajar Dewantara 22 Tang-gung, dan dengan izin Allah, alhamdulillah pada tgl 17 Agustus 2008 sudah bisa menempati gedung di atas tanah milik sendiri di Jl Sultan Agung 48, Desa Tanggung, Kecamatan Turen.
Visi dan Misi

Visi: mewujudkan pendidikan yg mampu mengembangkan seluruh potensi  anak utk menjadi manusia memiliki moral keagamaan, keju-juran, kebenaran dan kebersa-maan, yang mampu melakukan yg bermanfaat bagi agama, bangsa, keluarga dan dirinya sendiri

Misi: menyelenggarakan:
1.      pendidikan yang berbasis aqidah Islam dengan mengutama-kan kebenaran, kejujuran dan kebersamaan; untuk menum-buhkan sifat istiqomah dalam menegakkan syiar Islam;
2.     pendidikan yang menyenangkan (joyful learning) yang mampu melejitkan seluruh  potensi anak secara optimal;
3.     pendidikan yang mengembangkan segenap aneka bakat, minat dan kemampuan anak berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligencies)
4.     pendidikan yang mengembangkan kreativitas anak melalui pembelajaran yang berbasis teknologi informasi untuk me-nyiapkan anak agar memiliki daya saing (competitiveness and comparativeness) untuk menghadapi tantangan dunia global;
5.     pendidikan berbasis lingkungan sosial, budaya dan alami (contextual learning) yang berakar pada budaya dan kearifan lokal untuk menumbuhkan kepekaan sosial dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan;
6.     pendidikan dengan pendekatan proses (process approach), di mana anak belajar dari pengalaman langsung
7.     pendidikan maju berkelanjutan (continues progressive) ber-basis kemampuan dan kecepatan belajar anak dengan tanpa meninggalkan anak yang berkebutuhan khusus

Kurikulum
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dikembangkan oleh Tim Pengembang, Dewan Guru dan Komite Sekolah dengan mengacu pada Standar Isi dan Standar Kelulusan menurut Per-mendiknas No. 22 dan 23 Tahun 2007 serta kurikulum MI yang dikembangkan Kementerian Agama.

      Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran dikemas berdasar perkembangan ilmu pen-didikan modern, dengan tanpa meninggalkan landasan nilai-nilai keagamaan, sosial dan budaya yang berkembang di masyarakat.  Penerapan dari hal tersebut dalam pembelajaran:
1.   Pembelajaran Keagamaan
Perkembangan zaman yang cenderung mengutamakan aspek duniawi disertai tantangan kehancuran moral menjadi dasar pentingnya pembekalan dan penyiapan aqidah dan moral anak berbasis agama Islam yg kuat. Selain mata pelajaran agama yang ditentukan di MI, pembelajaran agama juga diperkuat dan terintegrasi dengan kegiatan mengaji melalui Madrasah Diniyah Amanah. Pembelajaran pagi dimulai dgn sholat Dhuha, siang setelah sholat Dhuhur berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan mengaji.
2.   Pembelajaran Kreatif & Menyenangkan (joyful learning)
Kunci keefektifan pem-belajaran adalah apabila anak merasa senang dlm belajar shg anak siap belajar secara psikis, emosional dan fisik. Guru adalah sahabat anak yang menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga belajar bukan-lah sebagai beban, melainkan kegiatan yang bisa dinikmati siswa. Pengembangan kreativitas diperlukan dalam mengha-dapi tantangan kehidupan yang semakin berat.
3.   Pembelajaran Berbasis Multi Intelligencies
             Masing-masing anak dikaruniai Allah dengan bakat, minat dan jenis kecerdasan yang unik dan berbeda dengan siswa  yg  lain. Pembelajaran dikembangkan dalam  rangka  menggali  dan  mengembangkan potensi  diri secara optimal agar  anak  dapat memanfaatkan potensi dirinya sesuai dengan yang dikaruniai Allah SWT dlm kehidupannya kelak di kemudian hari secara optimal.


        4.  Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

         Pendidikan harus mampu mengimbangi perkembangan ilmu dan teknologi. Pada saat komputer merupakan alat yang tidak bisa diabaikan pd saat ini, maka pembelajaran teknologi informasi sejak dini merupakan kebutuhan    belajar mutlak harus dilayani.
5.   Pembelajaran Berbasis Lingkungan (Contextual Learning)
Pendidikan dikemas agar anak belajar dlm konteks lingkungan sosial, budaya & alamnya, dan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan dan memajukan lingkungan masyarakat di seki-tarnya dan tidak tercabut dari akar budayanya. Melalui contextual learning, materi pelajaran menjadi lebih mudah diserap siswa.
                          6.   Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific
Pembelajaran dirancang siswa aktif mengalami & mengerjakan sendiri melalui tahap-tahap learning to know, to do, dan to be, sehingga apa yang dipelajari siswa akan meresap dan tertanam dalam sanubari anak dan menjadi pola pikir dan pola tindak anak dalam kehidupan sehari-hari secara nyata.

7.   Pembelajaran Maju Berkelanjutan (Continues Progressive)
Pembelajaran dikemas berdasar kemampuan dan kecepatan belajar anak, sehingga anak yang memiliki kecepatan belajar tinggi tidak dirugikan dan anak berkebutuhan khusus mendapat layanan sesuai dengan kondisi-nya. Atas dasar itu ada siswa yg baru 3 tahun sudah di kelas 5

8.   Pembelntukan watak (charakter building) yang bersifat Demokratis dan mengacu pada kebersamaan, kesetia-kawanan dan kesantunan
Kemampuan dan kecer-dasan sosial untuk hidup bersama orang lain me-merlukan tatanan demo-kratis yang saling meng-hargai dan memiliki rasa toleransi terhadap ke-beragaman yang ada di masyarakat. Hal ini ha-rus dimulai sejak dini melalui pembiasaan dan suri teladan. Suasana dalam kelas dan hubungan guru dan siswa yang demokratis, terbuka namun tetap santun menjadi sendi uta-ma kehidupan sehari-hari di sekolah.

Fasilitas
1.  Gedung Madrasah di atas tanah yayasan milik sendiri;
2. Beasiswa bagi siswa dari keluarga yang memerlukan, baik dari pemerintah (BSM) maupun dari LPU Amanah
3. Dana Bantuan Operasional Sekolah dari Pemerintah
4. Laboratorium komputer
5. Layanan Kesehatan, bekerjasama dengan Al Basyiroh memberi-kan pembinaan dan layanan kesehatan gratis bagi siswa
6. Layanan Bimbingan dan Konseling oleh psikolog berupa tes bakat, minat dan kecerdasan anak, serta layanan konsultasi kesulitan belajar dan layanan psikologis lain yang diperlukan
7. Studi Wisata dan Laboratorium Sosial untuk menunjang pembelajaran kontekstual secara periodik siswa belajar di luar sekolah.
8. Perpustakaan sekolah
Pendanaan
Sebagai sekolah swasta, meskipun mendapat dana bantuan dari Pemerintah berupa Dana BOS dan BSM, namun jumlah bantuan tersebut tidaklah mencukupi untuk dana operasional sekolah yang bermutu. Mengingat pula peran dan tanggungjawab orangtua dlm mendidik anak, dalam agama dilarang meninggalkan keturunan yg lemah, baik secara fisik, sosial, ekonomi dan aqidah. Karena itu pada prinsipinya biaya pendidikan di MI Amanah ditanggung oleh orangtua dan wali siswa. LPU Amanah sebagai lembaga yang memayungi MI Amanah adalah sebuah lembaga yang bersifat nir-laba (non profit), akan memnerikan bantuan beasiswa bagi siswa dari keluarga dhuafa apabila beasiswa dari pemerintah tidak mencukupi. Prinsip pembiayaan di MI Amanah adalah jangan sampai karena keluarga anak tidak memiliki biaya, menyebabkan anak tidak mendapatkan layanan pendidikan. Mendidik adalah amanah bagi kita semua, termasuk dalam pembiayaan.

Menerimaan Siswa Baru
1.      Pada prinsipnya MI Amanah menerima siswa baru setiap saat baik siswa pindahan dari MI/SD lain atau siswa baru kelas 1
2.     Untuk tahun ajaran 2015-2016 MI Amanah menyelengga-rakan Kelas Persiapan (Preparation Class) untuk calon siswa kelas 1 tanpa biaya. Dimulai tanggal : 3 s/d 5 Juni 2015
3.     MI Amanah membuka 2 kelas :
a.  Kelas Reguler masuk pukul 06.30 s/d 14.30 WIB
b.  Kelas Khalifah masuk pukul 06.30 s/d 16.00 WIB
c.  Kelas Inklusi (ABK) masuk pukul 06.30 s/d 12.00 WIB
4.     Pendaftaran siswa baru untuk Kelas Reguler sebelum bulan Juli dengan biaya sebesar Rp 800.000,00 (Seragam + Dana Pengembangan). Untuk pendaftaran sesudah bulan Juli sebesar Rp 1.000.000,00 (Seragam + Dana Pengembangan).
5.     Pendaftaran siswa baru untuk Kelas  Khalifah  sebelum bulan Juli dengan biaya sebesar Rp 1.000.000 (Seragam + Dana Pengembangan). Untuk pendaftaran sesudah bulan Juli sebesar Rp 1.200.000,00 (Seragam + Dana Pengembangan).
6.     Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 25.000,00.
7.     MI Amanah menerima siswa lulusan TK/RA maupun bukan/ belum  lulusan TK/RA
8.     Syarat pendaftaran:
a.   mengisi formulir pendaftaran
b.   melampirkan fotocopy ijasah TK/RA (bagi lulusan TK/ RA) 1 lembar
c.   melampirkan fotocopy akta kelahiran 1 lembar
d.   melampirkan pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm seba-nyak 4 lembar
e.   melampirkan fotocopy Kartu Keluarga (KK) 4 lembar.
f.   Melampirkan fotocopy KTP Orangtua (Ayah & Ibu) sebanyak 4 lembar.
g.   Bagi calon siswa yang orangtuanya memiliki Kartu ProgramKeluarga Harapan (PKH), harap disertakan pula sebanyak 4 lembar.
9.     Bagi calon siswa yang memiliki saudara kandung yang sekolah di MI Amanah dibebaskan SPP setiap bulannya.
10.   Melayani Jemput – Antar Siswa di wilayah lokasi Pasar Turen ( Perempatan Lampu Merah )
11.    Hal-hal yang belum jelas bisa minta informasi di MI Amanah atau telepon ke (0341) 828759 atau 085100385857

Tidak ada komentar :

Posting Komentar