The
Modern Boarding School
Madrasah
Ibtidaiyah “Amanah”
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Amanah didirikan pada tanggal 16
Mei 2006 oleh Lembaga Pemberdayaan Umat (LPU) Amanah dalam rangka mempersiapkan
masa depan anak-anak bangsa da-lam tantangan kehidupan yang semakin ketat dan
berat. Semula MI Amanah diselenggarakan di Jl Ki Hajar Dewantara 22 Tang-gung,
dan dengan izin Allah, alhamdulillah pada tgl 17 Agustus 2008 sudah bisa
menempati gedung di atas tanah milik sendiri di Jl Sultan Agung 48, Desa
Tanggung, Kecamatan Turen.
Visi dan Misi
Visi: mewujudkan
pendidikan yg mampu mengembangkan seluruh potensi anak utk menjadi manusia memiliki moral
keagamaan, keju-juran, kebenaran dan kebersa-maan, yang mampu melakukan yg
bermanfaat bagi agama, bangsa, keluarga dan dirinya sendiri
Misi: menyelenggarakan:
1.
pendidikan yang berbasis aqidah Islam dengan
mengutama-kan kebenaran, kejujuran dan kebersamaan; untuk menum-buhkan sifat
istiqomah dalam menegakkan syiar Islam;
2.
pendidikan yang menyenangkan (joyful learning) yang mampu
melejitkan seluruh potensi anak secara
optimal;
3.
pendidikan yang mengembangkan segenap aneka bakat, minat
dan kemampuan anak berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligencies)
4.
pendidikan yang mengembangkan kreativitas anak melalui
pembelajaran yang berbasis teknologi informasi untuk me-nyiapkan anak agar
memiliki daya saing (competitiveness and comparativeness) untuk menghadapi
tantangan dunia global;
5.
pendidikan berbasis lingkungan sosial, budaya dan alami
(contextual learning) yang berakar pada budaya dan kearifan lokal untuk
menumbuhkan kepekaan sosial dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan;
6. pendidikan dengan pendekatan proses (process approach), di mana anak
belajar dari pengalaman langsung
7. pendidikan maju berkelanjutan (continues progressive) ber-basis kemampuan
dan kecepatan belajar anak dengan tanpa meninggalkan anak yang berkebutuhan
khusus
Kurikulum
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang
dikembangkan oleh Tim Pengembang, Dewan Guru dan Komite Sekolah dengan mengacu
pada Standar Isi dan Standar Kelulusan menurut Per-mendiknas No. 22 dan 23
Tahun 2007 serta kurikulum MI yang dikembangkan Kementerian Agama.
Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran dikemas berdasar perkembangan ilmu
pen-didikan modern, dengan tanpa meninggalkan landasan nilai-nilai keagamaan,
sosial dan budaya yang berkembang di masyarakat. Penerapan dari hal tersebut dalam
pembelajaran:
1. Pembelajaran Keagamaan
Perkembangan zaman yang cenderung mengutamakan aspek
duniawi disertai tantangan kehancuran moral menjadi dasar pentingnya pembekalan
dan penyiapan aqidah dan moral anak berbasis agama Islam yg kuat. Selain mata
pelajaran agama yang ditentukan di MI, pembelajaran agama juga diperkuat dan
terintegrasi dengan kegiatan mengaji melalui Madrasah Diniyah Amanah.
Pembelajaran pagi dimulai dgn sholat Dhuha, siang setelah sholat Dhuhur
berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan mengaji.
2. Pembelajaran Kreatif & Menyenangkan (joyful learning)
Kunci keefektifan pem-belajaran adalah apabila anak
merasa senang dlm belajar shg
anak siap belajar secara psikis, emosional dan fisik. Guru adalah sahabat anak
yang menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga belajar bukan-lah
sebagai beban, melainkan kegiatan yang bisa dinikmati siswa. Pengembangan
kreativitas diperlukan dalam mengha-dapi tantangan kehidupan yang semakin
berat.
3. Pembelajaran Berbasis Multi Intelligencies
Masing-masing anak
dikaruniai Allah dengan bakat, minat dan jenis kecerdasan yang unik dan berbeda dengan siswa yg lain. Pembelajaran dikembangkan dalam rangka
menggali dan mengembangkan potensi diri secara optimal agar anak dapat memanfaatkan potensi
dirinya sesuai dengan yang dikaruniai Allah SWT dlm kehidupannya kelak di
kemudian hari secara optimal.
4. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
Pendidikan harus mampu mengimbangi perkembangan ilmu dan teknologi. Pada saat
komputer merupakan alat yang tidak bisa diabaikan pd saat ini, maka
pembelajaran teknologi informasi sejak dini merupakan kebutuhan belajar mutlak harus dilayani.
5. Pembelajaran Berbasis Lingkungan (Contextual Learning)
Pendidikan dikemas agar anak belajar dlm konteks
lingkungan sosial, budaya & alamnya, dan memiliki kemampuan untuk
memanfaatkan dan memajukan lingkungan masyarakat di seki-tarnya dan tidak tercabut
dari akar budayanya. Melalui contextual
learning, materi pelajaran menjadi lebih mudah diserap siswa.
6. Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific
Pembelajaran dirancang siswa aktif mengalami & mengerjakan sendiri melalui tahap-tahap learning to know, to do, dan
to be, sehingga apa yang dipelajari siswa akan meresap dan tertanam dalam
sanubari anak dan menjadi pola pikir dan pola tindak anak dalam kehidupan
sehari-hari secara nyata.
7. Pembelajaran Maju Berkelanjutan (Continues Progressive)
Pembelajaran dikemas berdasar kemampuan
dan kecepatan belajar anak, sehingga anak yang memiliki kecepatan belajar
tinggi tidak dirugikan dan anak berkebutuhan khusus mendapat layanan sesuai
dengan kondisi-nya. Atas dasar itu ada siswa yg baru 3 tahun sudah di kelas 5
8. Pembelntukan watak (charakter building) yang bersifat Demokratis dan
mengacu pada kebersamaan, kesetia-kawanan dan kesantunan
Kemampuan dan kecer-dasan sosial untuk hidup bersama
orang lain me-merlukan tatanan demo-kratis yang saling meng-hargai dan memiliki
rasa toleransi terhadap ke-beragaman yang ada di masyarakat. Hal ini ha-rus
dimulai sejak dini melalui pembiasaan dan suri teladan. Suasana dalam kelas dan
hubungan guru dan siswa yang demokratis, terbuka namun tetap santun menjadi sendi
uta-ma kehidupan sehari-hari di sekolah.
Fasilitas
1. Gedung Madrasah di atas tanah yayasan milik sendiri;
2. Beasiswa bagi siswa dari keluarga yang memerlukan, baik dari pemerintah
(BSM) maupun dari LPU Amanah
3. Dana Bantuan Operasional Sekolah dari Pemerintah
4. Laboratorium komputer
5. Layanan Kesehatan, bekerjasama dengan Al Basyiroh memberi-kan pembinaan dan
layanan kesehatan gratis bagi siswa
6. Layanan Bimbingan dan Konseling oleh psikolog berupa tes bakat, minat dan
kecerdasan anak, serta layanan konsultasi kesulitan belajar dan layanan
psikologis lain yang diperlukan
7. Studi Wisata dan Laboratorium Sosial untuk menunjang pembelajaran
kontekstual secara periodik siswa belajar di luar sekolah.
8. Perpustakaan sekolah
Pendanaan
Sebagai sekolah swasta, meskipun mendapat dana bantuan
dari Pemerintah berupa Dana BOS dan BSM, namun jumlah bantuan tersebut tidaklah
mencukupi untuk dana operasional sekolah yang bermutu. Mengingat pula peran dan
tanggungjawab orangtua dlm mendidik anak, dalam agama dilarang meninggalkan
keturunan yg lemah, baik secara fisik, sosial, ekonomi dan aqidah. Karena itu
pada prinsipinya biaya pendidikan di MI Amanah ditanggung oleh orangtua dan
wali siswa. LPU Amanah sebagai lembaga yang memayungi MI Amanah adalah sebuah
lembaga yang bersifat nir-laba (non profit), akan memnerikan bantuan beasiswa
bagi siswa dari keluarga dhuafa apabila beasiswa dari pemerintah tidak
mencukupi. Prinsip pembiayaan di MI Amanah adalah jangan sampai karena keluarga
anak tidak memiliki biaya, menyebabkan anak tidak mendapatkan layanan
pendidikan. Mendidik adalah amanah bagi kita semua, termasuk dalam pembiayaan.
Menerimaan Siswa Baru
1.
Pada prinsipnya MI Amanah menerima siswa baru setiap saat
baik siswa pindahan dari MI/SD lain atau siswa baru kelas 1
2.
Untuk tahun ajaran 2015-2016 MI Amanah menyelengga-rakan Kelas Persiapan (Preparation Class) untuk
calon siswa kelas 1 tanpa biaya. Dimulai
tanggal : 3 s/d 5 Juni 2015
3.
MI
Amanah membuka 2 kelas :
a. Kelas Reguler masuk
pukul 06.30 s/d 14.30 WIB
b. Kelas Khalifah masuk
pukul 06.30 s/d 16.00 WIB
c. Kelas Inklusi (ABK)
masuk pukul 06.30 s/d 12.00 WIB
4.
Pendaftaran
siswa baru untuk Kelas Reguler
sebelum bulan Juli dengan biaya sebesar Rp 800.000,00 (Seragam + Dana
Pengembangan). Untuk pendaftaran sesudah bulan Juli sebesar Rp 1.000.000,00
(Seragam + Dana Pengembangan).
5.
Pendaftaran
siswa baru untuk Kelas Khalifah
sebelum bulan Juli dengan biaya sebesar Rp 1.000.000 (Seragam + Dana Pengembangan).
Untuk pendaftaran sesudah bulan Juli sebesar Rp 1.200.000,00 (Seragam + Dana
Pengembangan).
6.
Membayar
biaya pendaftaran sebesar Rp 25.000,00.
7.
MI Amanah menerima siswa lulusan TK/RA maupun bukan/
belum lulusan TK/RA
8.
Syarat pendaftaran:
a. mengisi formulir pendaftaran
b. melampirkan fotocopy ijasah TK/RA (bagi lulusan TK/ RA) 1 lembar
c. melampirkan fotocopy akta kelahiran 1 lembar
d. melampirkan pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm seba-nyak 4 lembar
e. melampirkan fotocopy
Kartu Keluarga (KK) 4 lembar.
f. Melampirkan fotocopy
KTP Orangtua (Ayah & Ibu) sebanyak 4 lembar.
g. Bagi calon siswa yang
orangtuanya memiliki Kartu ProgramKeluarga Harapan (PKH), harap disertakan pula
sebanyak 4 lembar.
9.
Bagi calon siswa yang memiliki saudara kandung yang
sekolah di MI Amanah dibebaskan SPP setiap bulannya.
10. Melayani Jemput –
Antar Siswa di wilayah lokasi Pasar Turen ( Perempatan Lampu Merah )
11.
Hal-hal yang belum jelas bisa minta informasi di MI
Amanah atau telepon ke (0341) 828759 atau 085100385857
Tidak ada komentar :
Posting Komentar